Menu

GEMPABUMI BARABAI KALSEL AKIBAT SESAR AKTIF

Posted by Miftahul Munir, S.Kom (munir) on 07 Apr 2016
Berita >>

GEMPABUMI BARABAI KALSEL AKIBAT SESAR AKTIF  

Hari Selasa, 6 April 2016, pukul  19.35.42 WIB, daerah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, diguncang gempabumi tektonik berkekuatan M=4,1. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 1,94 derajat lintang selatan, dan 115,46 derajat bujur timur, tepatnya di darat pada jarak 14 kilometer arah baratdaya Kota Tabalong, Kalimantan Selatan, dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer. 

Guncangan gempabumi ini dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI di daerah Barabai dan sekitarnya. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan bangunan sebagai akibat dampak gempabumi ini.

Gempabumi Barabai dengan kedalaman hiposenter dangkal terjadi akibat aktivitas sesar aktif. Jika kita tinjau kondisi geologi dan tektonik pada peta geologi Lembar Amuntai, tampak bahwa di zona gempabumi memang terdapat beberapa unsur tektonik, seperti kelurusan struktur, lipatan, dan sesar yang berarah timurlaut-baratdaya. 

Jenis sesar di zona ini diduga kuat berupa sesar geser (strike-slip fault) dan sesar turun (normal fault). Sehingga gempabumi Barabai yang terjadi ini tampak memiliki kaitan yang erat dengan keberadaan sesar lokal di daerah ini.

Berdasarkan catatan aktivitas kegempaan pada peta seismisitas Kalimantan memang tampak ada tingkat aktivitas kegempaan yang rendah yang pernah terjadi di kawasan Barabai dan sekitarnya. Sehingga munculnya kembali aktivitas gempabumi M=4,1 saat ini memang menjadi suatu hal yang sangat menarik untuk dikaji.

Namun demikian, berdasarkan kondisi tektonik setempat, di zona ini diyakini tidak ada potensi gempabumi gempabumi kuat. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak perlu mengkhawatirkan akan terjadinya gempabumi yang lebih besar.***

DARYONO BMKG

Last changed: 07 Apr 2016 at 05:38:16

Back to Overview

Comments

No comment found

Add Comment

Pembaharuan terakhir pada 25/07/2016 oleh Agus Kuswanto

  hit counter script