Menu

Catatan Iklim 24 februari 2016

Posted by Miftahul Munir, S.Kom (munir) on 24 Feb 2016
Berita >>

Analisa Hujan bulan januari 2016 menunjukkan Kalsel masih berada pada musim hujan tetapi sebagian besar hujan dibawah 300 mm dan dibandingkan rata-ratanya sebagian besar dibawah Normal.

 

Nilai SPI 3 Bulanan November 2015-Januari 2016 menunjukkan beberapa lokasi mengalami kekurangan hujan pada periode tersebut, seperti Banjarmasin, Sebagian besar kabupaten HSS,  Sebagian kecil kabupaten HST dan HSU, serta sekitar kecamatan Batulicin (Lihat peta)

 

Hal ini menunjukkan pengaruh El Nino masih terasa di Kalimantan Selatan. El Nino memiliki pengaruh menekan kejadian hujan di Kalimantan Selatan terutama saat kemarau dan menjelang musim hujan, daerah paling terdampak biasanya kalimantan selatan bagian selatan (pesisir Tanah Laut , Tanah Bumbu, serta Kotabaru).

 

El Nino sudah mencapai puncak Januari 2016 kemarin dan kondisi terbaru menunjukkan pendinginan suhu muka laut dan suhu bawah permukaan laut di pasifik berbarengan dengan angin pasat yang mendekati kondisi rata-ratanya, menandakan terus menurunnya El Nino.

 

Diprakirakan setelah pertengahan 2016 kondisi akan menjadi normal kembali, kemungkinan yang hampir sama besarnya adalah terjadinya La Nina . Perulangan El Nino diprakirakan kecil kemungkinan terjadi tahun ini.

 

Prakiraan 3 bulan kedepan Kalimantan Selatan akan mengalami hujan yang sebagian besar normal atau mendekati rata-rata 30 tahunnya.

Last changed: 24 Feb 2016 at 10:14:40

Back to Overview

Comments

No comment found

Add Comment

Pembaharuan terakhir pada 25/07/2016 oleh Agus Kuswanto

  hit counter script