Menu

Catatan Iklim 22 Maret 2016 dan Prakiraan Awal Musim Kemarau 2016 Kalimantan Selatan

Posted by Miftahul Munir, S.Kom (munir) on 22 Mar 2016
Berita >>

Equinox terbukti tidak membuat suhu udara mencapai 40 derajat celcius. Tercatat di Staklim Banjarbaru suhu maksimum adalah 34.1 derajat celcius. Suhu maksimum yang normal untuk ukuran kondisi tidak hujan selama beberapa hari.

Walaupun beberapa hari ini jarang hujan, tetapi kondisi angin menunjukkan masih bertiup dari asia seiring tekanan tinggi masih di utara khatulistiwa, sehingga bisa dibilang masih kondisi musim hujan. Tetapi pengaruh El Nino masih terasa, walaupun sudah berada pada kondisi El Nino moderate dan pelemahan El Nino perlahan-lahan terus terjadi.

Awal Musim Kemarau sendiri diprakirakan paling cepat akhir april (APR III) di Tabalong dan sebagian Balangan. Akhir Mei (MEI III) pada hampir sebagian besar Kalimantan Selatan (terlihat pada gambar dibawah). Daerah paling belakangan mengalami musim kemarau adalah Pulau Laut Kabupaten Kotabaru dimana diprakirakan mengalami pada awal Agustus (AGT I).

Dibandingkan awal musim kemarau normalnya (biasanya), tidak ada perubahan pada awal musim kemarau di Pulau Laut Kabupaten Kotabaru (Warna kuning pada peta dibawah). Tabalong, sebagian Balangan, Kotabaru daratan, sebagian Tanah Bumbu, dan sebagian Tanah Laut diprakirakan lebih cepat dari biasanya (Maju dibanding normal), sementara mayoritas yang lain diprakirakan akan lebih lambat daripada biasanya.

Secara umum sifat hujan musim kemarau 2016 diprakirakan normal, kecuali daerah Pulau Laut Kabupaten Kotabaru dan sebagian Banua Lima dan Tapin (berwarna Hijau pada peta). Tabalong dan sebagian Balangan diprakirakan bersifat bawah normal (berwarna coklat).

Last changed: 22 Mar 2016 at 15:23:33

Back to Overview

Comments

No comment found

Add Comment

Pembaharuan terakhir pada 25/07/2016 oleh Agus Kuswanto

  hit counter script