Menu

Map of Normal Soil Water Content in South Kalimantan

PETA NORMAL TINGKAT KETERSEDIAAN AIR TANAH DI KALIMANTAN SELATAN

  1. Peta Normal Tingkat Ketersediaan Air Tanah di Kalimantan Selatan dibuat berdasarkan data tingkat ketersediaan air tanah tahun 1981 sampai dengan tahun 2010 dari pos-pos pengamatan hujan yang mempunyai normal curah hujan 1981-2010 (75 pos ) yang tersebar di seluruh Kalimantan Selatan.
  2. Tingkat Ketersediaan Air Tanah di suatu wilayah dihitung berdasarkan neraca air lahan, yang merupakan selisih dari jumlah air yang diterima lahan dan kehilangan air dari lahan melalui proses evapotranspirasi. Asumsi dalam perhitungan neraca air adalah bahwa air yang diterima lahan hanya berasal dari curah hujan dan kedalaman tinjau tanah adalah 1 meter dengan kondisi tanah homogen.
  3. Ketersediaan Air Tanah (KAT) bagi tanaman adalah banyaknya air di dalam tanah yang tersedia bagi tanaman yaitu berada pada kisaran antara kapasitas lapang (KL) dan titik layu permanen (TLP).
  4. Kapasitas Lapang (KL) adalah keadaan tanah dalam kondisi jenuh, menunjukkan jumlah air maksimum yang dapat ditahan oleh tanah terhadap gaya tarik gravitasi.
  5. Titik Layu Permanen (TLP) adalah batas bawah ketersediaan air dalam tanah untuk tanaman, dimana akar tanaman tidak mampu lagi menyerap air untuk pertumbuhannya.
  6. Peta Normal Tingkat Ketersediaan Tanah menunjukan gambaran daerah-daerah dengan tingkat ketersediaan air tanah yang kurang, sedang dan cukup sehingga dapat dimanfaatkan guna keperluan perencanaan kegiatan pertanian.
  7. Kriteria Curah Hujan Bulanan: Tingkat ketersediaan air tanah dihitung dengan persamaan :            (KAT-TLP/KL-TLP) x 100%, dengan kriteria sebagai berikut :
    • Kurang    = jika ketersediaan air tanah < 40%;
    • Sedang   = jika ketersediaan air tanah 40% - 60%;
    • Cukup    = jika ketersediaan air tanah > 60%.

Berikut adalah peta normal tingkat ketersediaan air tanah Kalimantan Selatan 1981-2010 :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembaharuan terakhir pada 14/07/2013 oleh Khairullah

  hit counter script