Menu
Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
PRESS RELEASE BMKG TERKAIT FENOMENA GERHANA MATAHARI TOTAL (GMT) 9 MARET 2016 Read More
Catatan iklim 9 Februari 2016

MJO sekarang berada di sekitar area Kalimantan Selatan, mengurangi dampak El Nino untuk minggu ini sehingga potensi terjadi hujan lebih besar. Diperkirakan seiring pergerakan MJO ke timur meninggalkan Benua Maritim, curah hujan di Kalimantan Selatan kembali mendapat pengurangan dikarenakan El Nino masih cukup kuat walaupun sedang mengalami pengurangan intensitas.

Read More
Waspada awal februari

Januari 2016 ini hujan di Kalimantan Selatan sebagian besar dibawah normal atau lebih kering dari biasanya. Penyebab utama adalah pengaruh El Nino yang masih aktif. Akan tetapi El Nino bukanlah satu-satunya faktor penggerak hujan di Kalimantan Selatan. Bahkan sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi hujan, dikelompokkan secara garis besar menjadi faktor Global, Regional, dan Lokal.

El Nino adalah faktor Global, mempengaruhi iklim hampir di seluruh dunia. Tetapi awal februari ini kita perlu juga memberi perhatian kepada faktor global lainnya yaitu MJO dan faktor regional siklon tropis dan Seruakan dingin.

Read More
Tinjauan Iklim 28 Januari 2016

Curah Hujan Januari 2016 diprakirakan diatas 150mm di seluruh kalsel, hal yang sama akan terjadi bulan februari, dan maret 2016. Curah hujan yang tinggi di atas 300 mm/bulan lebih berpotensi terjadi di pertengahan Kalsel dan paling kecil kemungkinan terjadi di pesisir selatan dan timur. Kondisi El Nino sudah mencapai puncak dan terlihat sudah mulai meluruh dengan kondisi netral diprakirakan terjadi pada caturwulan kedua 2016.

 
Read More
Tahun 2016 akan terjadi la Nina?

Kondisi saat ini menunjukkan El Nino 2015-2016 sedang meluruh dan merupakan salah satu dari tiga El Nino terkuat sepanjang 50 tahun terakhir selain 1997-1998 dan 1982-1983. Beberapa berita menyebutkan bahaya kejadian fenomena la nina akan terjadi pada pertengahan tahun 2016. Bila pada 2015 terjadi el nino yang berdampak kekeringan, maka La Nina akan menyebabkan curah hujan berlebihan yang membuat banjir dan longsor. Benarkah akan terjadi La Nina pada tahun 2016?

Read More
Pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap 2 Tahun 2015

Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahap 2 Tahun 2015 dilaksanakan di Hotel Novotel Banjarbaru tanggal 26 - 29 Oktober 2015 dan secara resmi dibuka oleh Plt Kepala Stasiun Klimatologi Banjarbaru serta dihadiri oleh perwakilan Kepala BPTPH Banjarbaru, Kepala DIPERTA Kalimantan Selatan, dan Kepala Bakorlu Kalimantan Selatan

Read More
Kekeringan dan Kabut Asap

2015 sepertinya menjadi tahun yang tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Bagaimana tidak? Belum selesai dilanda kekeringan di beberapa wilayah kini masyarakat Kalimantan Selatan harus menghadapi kabut asap yang menyelimuti hampir sebagian wilayah di provinsi paling selatan pulau Kalimantan itu.

Terbit di Banjarmasin Post Kamis, 3 September 2015 

Read More
Buletin Edisi Juni 2015

CoverBuletin Analisis Curah Hujan bulan Mei 2015 dan Prakiraan Curah hujan bulan Juli, Agustus dan September 2015 untuk wilayah provinsi Kalimantan Selatan Telah Terbit.

Silahkan download disini

Daftar Mahasiswa yang telah memenuhi kewajiban menyerahkan karya ilmiah

Berdasarkan Peraturan Kepala BMKG nomor 8 tahun 2013 tentang syarat dan tata cara pengenaan tarif Rp.0,00 (Nol Rupiah) atas jenis PNBP terhadap kegiatan tertentu di lingkungan BMKG, maka kami ucapkan terima kasih kepada saudara/i yang namanya terdaftar di tabel karena sudah melaksanakan kewajiban menyerahkan salinan hasil penelitian sesuai surat pernyataan yang saudara/i buat.

Bagi anda yang berminat mempelajari hasil karya ilmiah yang sudah diserahkan ini bisa menghubungi kami di Stasiun Klimatologi Banjarbaru.

Daftar Mahasiswa yang telah memenuhi kewajiban menyerahkan karya ilmiah terhitung tanggal Update 17 Mei 2015:

Read More
Daftar Mahasiswa / Pemohon data 0 Rupiah yang belum menyerahkan hasil penelitian

Berdasarkan Peraturan Kepala BMKG nomor 8 tahun 2013 tentang syarat dan tata cara pengenaan tarif Rp.0,00 (Nol Rupiah) atas jenis PNBP terhadap kegiatan tertentu di lingkungan BMKG, maka kami mintakan agar saudara/i yang namanya terdaftar di tabel dibawah agar melaksanakan kewajiban menyerahkan salinan hasil penelitian sesuai surat pernyataan yang saudara/i buat.

 

Daftar pemohon tarif Rp.0,00 (Nol Rupiah) yang menunggak lebih dari 120 hari terhitung tanggal Update 17 Mei 2015:

Read More
1-10 of 163 Next Page >>

Pembaharuan terakhir pada 11/02/2016 oleh Miftahul Munir, S.Kom

  hit counter script